Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Mudah

Obat Alami 69

obat alami sariawan, cara mudah sembuh sariawan, pengobatan tradisional sariawan10 cara mengobati sariawan secara alami - 

Stomatitis Aftosa atau sering disebut dengan sariawan, adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi. Sariawan dapat menyerang daerah mulut atau tepatnya pada bagian pipi dalam, lidah, lidah bagian bawah, tenggorokan, bibir dalam atau pada bagian gusi pada mulut.

Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi manusia menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria, dan Sariawan ini dapat diderita oleh segala kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Walaupun tidak membahayakan atau menyebabkan kematian, akan tetapi luka akibat sariawan tersebut sangat menganggu aktivitas. Apalagi ketika anda ingin mengunyah dan menelan suatu makanan tertentu, rasanya terkadang sangat perih dan meradang. Hal ini tentu saja bikin nafsu makan berkurang. Cara mengobati sariawan sebenarnya sangat mudah, namun sebelum itu perlu diketahui terlebih dahulu beberapa penyebab munculnya sariawan berikut ini.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengkonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.(id.wikipedia.org)

Walaupun sebenarnya sariawan dapat sembuh dengan sendirinya namun waktu yang dibutuhkan cukup lama dalam jangka waktu 10 hingga 14 hari. Apa anda tahan selama itu ? Pengobatan sariawan bisa menggunakan bahan alami atau dengan produk yang telah dijual diapotek. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan sariawan dengan cepat menggunakan cara tradisional dan alami:

1. Air Garam

Air garam membantu mensterilkan sariawan. Caranya satu sendok garam dicampur dengan segelas air hangat, lalu pakailah untuk berkumur-kumur selama 1 sampai 2 menit. Ulangilah beberapa kali dalam sehari untuk memperoleh hasil maksimal. Atau ambil sedikit garam dapur halus taruh di jari lalu oleskan ke bagian luka itu sambil sedikit di gosokkan pelan - pelan. Memang terasa perih awalnya tapi dijamin ini hanya sementara, biarkan 5 - 10 menit Insyaallah dalam sekejap rasa perih yang ditimbulkan luka sariawan itu hilang total.

2. Air kelapa

Air kelapa memiliki sifat elektrolit yang mampu mendinginkan tubuh, mengatasi panas dalam, dan mampu menyembuhkan sariawan mulut. Bahkan dengan konsumsi secara rutin, air kepala juga terbukti mampu mencegah adanya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Obat sariawan alami ini bisa anda konsumsi minimal 1x sehari dengan takaran sebanyak 1 gelas. Namun apabila ingin hasilnya lebih optimal, konsumsilah sehari minimal 3x (pagi-siang-malam).

3. Pisang dan madu

Apakah anda memiliki sariawan di lidah? Jika benar gunakan obat sariawan di lidah yang terbuat dari pisang dan madu. Kedua bahan alami ini sudah terbukti sangat efektif untuk mengatasi sariawan di mulut, khususnya lidah.

Cara mengobati sariawan dengan madu dan pisang:

- Haluskan buah pisang matang secukupnya saja, lalu campur dengan madu hingga membentuk adonan pasta.
- Oleskan campuran tersebut secara merata keseluruh bagian ulkus (luka sariawan).
- Diamkan selama 10 menitan agar meresap dan bekerja maksimal. Kumur!

4. Buah jambu biji dan daunnya

Banyak orang yang menganggap sumber vitamin C tertinggi ada pada buah jeruk, padahal sebenarnya vitamin tersebut banyak terdapat pada buah jambu. Dengan konsumsi buah jambu yang kaya vitamin C secara rutin, maka sariawan yang anda derita akan sembuh sendirinya.

Namun apabila di rumah tidak ada jambu, maka Anda bisa menggunakan daun jambu biji yang masih muda. Daun ini mengandung senyawa antibakterial yang berkhasiat untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan dengan daun jambu biji:

- Siapkan beberapa daun jambu biji muda yang masih segar.
- Cuci bersih daun jambu biji tersebut dengan menggunakan air mengalir.
- Selanjutnya kunyah-kunyah daun tersebut hingga hancur selama kurang lebih 10 detik. Kemudian kumurlah sampai bersih.

5. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk fermentasi yang berasal dari susu. Minuman ini diperkaya dengan kandungan bakteri baik yang cukup tinggi. Selain bermanfaat bagi pencernaan, kandungan bakteri baiknya tersebut juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Obat alami sariawan ini bisa anda konsumsi secara rutin minimal 2 kali sehari. Tidak hanya cocok untuk dewasa saja, tetapi yoghurt juga cocok sebagai obat sariawan anak-anak. Untuk anak cukup beri dia 1 kali konsumsi yoghurt dalam sehari saja.

6. Bawang putih

Bawang putih mungkin lebih familiar digunakan sebagai bumbu dapur. Akan tetapi ternyata bawang satu ini cukup efektif untuk mengobati sariawan secara alami. Kandungan senyawa abrasif yang ada pada bawang putih mampu mengusir semua bakteri pada bagian ulkus (luka sariawan).

Cara mengobati sariawan dengan bawang putih:

- Haluskan sebanyak 1-2 butir bawang putih yang masih segar.
- Sikat gigi anda terlebih dahulu supaya bersih dari sisa makanan.
- Tempelkan halusan tadi ke bagian luka sariawan selama 10 menit.
- Bilas halusan bawang dengan cara berkumur air hangat sampai bersih.

Nb: selain bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan, bawang putih juga terbukti mampu mengobati sakit gigi berlubang.

7. Pepaya mentah

Obat sariawan alami selanjutnya adalah pepaya mentah. Tahukah anda sebenarnya pepaya mentah mengandung senyawa antiseptik cukup tinggi? nah kandungan inilah yang bisa membunuh kuman pada bagian sariawan. Akan tetapi usahakan jangan menggunakan pepaya mentah berlebihan, sebab getahnya bisa mengakibatkan munculnya karang gigi.

Cara menghilangkan sariawan dengan pepaya mentah:

- Siapkan pepaya mentah yang masih berwarna hijau.
- Kupas pepaya tersebut dan iris sedikit membentuk lingkaran kecil.
- Tempelkan irisan tadi langsung pada bagian sariawan.
- Diamkan selama 10 menitan, kemudian bilas dengan berkumur air hangat.

Catatan: hentikan penggunaan setelah sariawan sembuh total.

8. Minyak kelapa dan madu

Selain air kelapa, anda pun bisa juga menggunakan minyak kelapa. Minyak satu ini terkenal dengan kandungan antibakterialnya yang dapat membunuh kuman penyebab sariawan. Dengan mencampur sedikit madu, maka sariawan tidak akan mengganggu aktivitas harianmu lagi.

Cara mengobati sariawan dengan minyak kelapa dan madu:

- Siapkan 2-3 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan madu alami.
- Campur kedua bahan tersebut hingga merata.
- Selanjutnya oleskan merata keseluruh bagian sariawan di mulut.
- Agar bekerja optimal, diamkan selama 10 menit. Usahakan ketika diam mulut jangan banyak gerakan.
- Setelah itu, bilas dengan cara berkumur air hangat sampai bersih.

9. Kunyit

Kunyit bisa dibilang merupakan rempah-rempah super. Mengapa? Karena rempah satu ini bisa digunakan untuk berbagai macam urusan. Mulai dari masak-memasak, kecantikan, hingga mengobati sariawan mulut. Kandungan senyawa antibakterial dan anti-inflamasinya dipercaya sangat mujarab untuk mengatasi masalah sariawan yang kami derita.

Cara mengobati sariawan dengan kunyit:

- Pertama haluskan kunyit secukupnya, anda bisa memarut sampai halus.
- Setelah itu campur dengan air hangat sampai membentuk adonan pasta.
- Selanjutnya oleskan pasta kunyit tadi keseluruh bagian luka sariawan.
- Diamkan sejenak selama 10 menit, kemudian berkumurlah dengan air hangat sampai bersih.

10. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mengandung senyawa zat asam yang tinggi akan vitamin C. Rasanya yang lumayan masam tersebut terbukti cukup efektif membunuh bakteri. Cara menyembuhkan sariawan dengan belimbing wuluh cukup dengan menempelkan atau mengunyah buah tersebut selama 5 menitan. Kemudian bilas dengan berkumur air hangat sampai bersih.

Demikianlah tentang 10 Cara Mengobati Sariawan dengan menggunakan bahan tradisional alami dan cepat. Bagaimana, mudah sekali kan? Lakukanlah salah satu cara tersebut di atas secara rutin dan sesuai aturan.

Jika sariawan Anda sudah sembuh sebaiknya Anda menghindari berbagai macam penyebab yang bisa menimbulkan sariawan dan kebersihan mulut menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah kembalinya sariawan. Jangan lupa memperbanyak mengkonsumsi vitamin C. Apabila dalam seminggu sariawan masih ‘menghiasi’ mulut anda, bahkan semakin membesar dan menyebar sebaiknya segera datangi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat. Semoga postingan ini bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda. Selamat mencoba !!

(sumber: www.cantikitu.com)

HARAP UNTUK TIDAK MELAKUKAN COPY PASTE !

thumbnail
Judul: Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Mudah
Rating Blog: 4.5 dari 5
Ditulis oleh Alami 69
Anda sedang membaca artikel Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Mudah. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://obatalami69.blogspot.com/2016/10/cara-alami-mengobati-sariawan-dengan.html. Artikel ini dilindungi oleh DMCA Protected. Terima kasih sudah singgah di blog ini, jangan lupa di Share jika anda suka.

0 Response to "Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Mudah"

> KOMENTAR SPAM & LINK AKTIF TIDAK DITAMPILKAN